Minggu, 10 Mei 2009

Resep Kue Pukis

Budi Sutomo — May 12, 2008 / 7:33 pm

58.JPG

Lembut, wangi, gurih dan lezat, demikian kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan cita rasa kue mungil ini. Bahanya relatif murah dan mudah didapat, Anda ingin mencobanya? Resep berikut bisa menjadi panduan Anda turun ke dapur. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Bahan:

Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 200 g

Telur ayam 4 butir

Gula pasir 125 g

Santan dari ½ butir kelapa 200 ml

Ragi instan/instan yeast 10 g

Margarin, lelehkan 40 g

Vanili bubuk/vanili pasta ¼ sdt

Garam halus ½ sdt

Cara Membuat:

1. Kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kaku. Tambahkan tepung terigu, ragi instan, margarin dan vanili, aduk rata.

2. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga terbentuk adonan yang licin. Diamkan adonan selama 60 menit atau hingga adonan mengembang dan berbuih.

3. Panaskan cetakan pukis yang sudah dioles dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan, panggang dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.

4. Atur di dalam piring saji, hidangkan.

Untuk ± 20 buah

Tip: Untuk variasi isi, sebelum permukaan kue mengering, taburi meises, parutan keju, kismis atau cincangan kacang tanah sangrai. Adonan juga bisa ditambahkan dengan 1 sdt pasta cokelat dan 1 sdm cokelat bubuk untuk mendapatkan kue pukis berwarna cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar