Minggu, 10 Mei 2009

Resep Kue Ku Kentang

Budi Sutomo — August 13, 2007 / 6:44 pm

Jajan pasar yang satu ini memang tak lekang dimakan jaman. Cita rasanya yang legit selalu menggoda kita untuk mencobanya. Cara membuat dan bahanya juga tidak terlalu sulit. Memungkinkan untuk Anda coba di rumah.

_mg_0243.JPG

Bahan:

325 g tepung ketan

150 g kentang, haluskan

125 ml santan kental dari ½ butir kelapa

5 tetes pewarna merah

40 g gula halus

daun pisang untuk alas

minyak goreng untuk memoles

¼ sdt garam halus

Isi:

200 g kacang hijau kupas

200 ml santan dari ¼ butir kelapa

125 g gula pasir

2 sdm minyak goreng

2 lembar daun pandan, potong-potong

½ sdt garam halus

Cara Membuat:

  1. Isi: Rebus kacang hijau , daun pandan, dan air hingga kacang hijau empuk dan air mengering. Masukkan gula pasir, santan dan garam. masak sambil terus diaduk hingga adonan kalis.
  2. Masukkan gula pasir, santan, dan minyak goreng. Masak sampai adonan kalis
  3. Kulit: Campur tepung ketan, kentang, pewarna dan gula halus serta garam di dalam panci. Aduk dan uleni hingga tercampur rata. tuang santan hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Uleni kembali hingga adonan kalis.
  4. Bagi adonan masing-masing 40 g, bentuk bulatan-bulatan. Masukkan bulatan-bulatan ke dalam cetakan kueku yang telah ditaburi sedikit tepung. Tekan-tekan dan isi dalamnya dengan kumbu kacang hijau. Tutup permukaanya dengan adonan kulit. Rapikkan bentuknya.
  5. Keluarkan adonan kue ku yang telah dicetak. Atur di atas kukusan yang telah dialas dengan daun pisang dan diolesi sedikit minyak.
  6. Kukus selama 20 menit atau hingga kue matang. Angkat dari perapian. Selagi panas, olesi permukaanya dengan sedikit minyak. Atur di dalam piring saji. Hidangkan

Untuk 30 Buah

Tip:

  1. Mengukus kue ku sebaiknya permukaan tutupan dialas dengans serbet bersih agar uap air tidak menetes keadonan. Tutup dan sesekali dibuka agar kue tidak terlalu melebar.

  2. Kulit kue ku biasanya menggunakan 100% tepung ketan, namun adakalanya jika sudah dingin kulit menjadi keras. Agar kulit kue ku tidak keras, tambahkan kentang seperti di dalam resep ini.

  3. Olesi permukaan kue dengan sedikit minyak, agar kue mengkilat dan lebih menggoda selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar